Tips Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

Jam tangan pada dasarnya merupakan salah satu barang yang mungkin wajib dimiliki, sebab tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tidak dibayangkan bahwa jam tangan kini menjadi salah satu aksesoris guna melengkapi fashion baik pria ataupun wanita. Ditambah makin banyaknya pilihan model jam tangan yang bermacam-macam sehingga dapat disesuaikan dengan fashion mulai dari kasual hingga formal.

Serupa halnya dengan aksesoris yang lain, jam tangan pun penting dirawat supaya tetap awet dan tahan lama.  Untuk itu penggunaan jam tangan kadang kala tidak boleh sembarangan. Seperti salah satu kerusakan jam yang telah berumur lama yaitu kondisi dial yang kian menjamur. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor, contohnya karena sering terkena air atau teroksidasi oleh kondisi kelembaban ruangan. Penyimpanan jam tangan yang salah dengan kelembaban yang di bawah anjuran mengakibatkan jam tangan mudah berjamur.

 

Tips Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

Tips Merawat Jam Tangan

1. Simpan jam tangan di tempat kering

Tips termudah yang dapat dilakukan guna merawat jam tangan supaya tetap awet yakni menyimpannya di tempat yang kering bersuhu normal dalam kamar. Jika anda menaruh ditempat yang mempunyai suhu ruangan tertentu (ruangan ber-AC, ruangan yang terkena cahaya langsung), untuk itu suhu ini otomatis akan berakibat pada jam tangan anda. Simpanlah jam tangan anda di suatu wadah, atau kotak khusus jam tangan. Ada baiknya agar anda menyimpan jam tangan anda ke dalam kotak khusus jam tangan supaya lebih aman serta terjaga.

 

2. Gunakan Tisu Basah untuk membersihkan Jam Tangan

Bersihkan jam tangan anda dengan tissue basah, namun bukan tissue yang terlalu basah terlebih dibasahi dengan air ya. Sebab jika anda hanya memakai tissue biasa, itu akan berakibat kepada goresan di kaca jam tangan. Tissue basah yang baik serta tidak menimbulkan goresan yaitu tissue basah yang dipakai sebagai pembersih kulit bayi. Biarkan kering tanpa memakai tissue kering atau pun dryer (pengering), sebab angin panas yang keluar akan berakibat terhadap komponen dalam jam tangan.

 

3. Rajinlah untuk membersihkan tali jam tangan

Pastikan untuk membersihkan tali jam tangan juga, tak hanya untuk menjaga kualitas, dengan rajin membersihkan tali jam tangan akan menimbulkan kulit anda terhindar dari iritasi kulit yang diakibatkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada jam tangan anda. Namun, tali jam tangan harus dibersihkan sesuai dengan material yang dipakai.

 

4. Hindari jam tangan dari area magnet

Sebagian besar orang tidak paham serta menganggap enteng masalah ini. Tapi yang harus diketahui medan magnet yang digunakan oleh barang elektronik (umumnya) akan berakibat perputaran jam tangan. Apabila jam tangan anda tidak menunjukkan pukul atau waktu dengan benar. Untuk itu hindari meletakkan jam diatas benda yang mempunyai medan magnet. Apabila tanpa sengaja anda sering meletakkan jam tangan dekat dengan barang – barang elektronik misalnya televisi, lemari es, kipas angin, microwave dan lainnya ada baiknya mulai sekarang jauhkan dari barang – barang tersebut. Apabila anda merasa jam tangan anda sering tidak sesuai, mungkin itu adalah salah satu penyebabnya.

 

5. Alasi menggunakan tissue

Bila anda orang yang mudah berkeringat apalagi di area pergelangan tangan, sebaiknya alasi dahulu jam tangan dengan tissue berbahan lembut. Hal tersebut dilakukan supaya jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tanganmu. Sebab kandungan garam terhadap keringat yang menempel pada tali jam tangan bisa mengakibatkan korosi atau karat pada jam tangan kamu. Apabila bila jam tangan anda terbuat dari bahan stainless steel yang rentan berkarat.

Baca Juga : Tips Merawat Jam Tangan

 

6. Gunakan jam tangan sesuai dengan kegiatan

Sebab jam tangan adalah salah satu aksesoris fashion, ada baiknya dipakai sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Hindari memakai jam tangan berbahan stainless apabila anda sedang berolahraga sebab tak hanya keringat yang dapat mengakibatkan karat, hal tersebut pun agar melindungi jam tanganmu dari benturan atau goncengan yang dapat meninggalkan bekas lecet pada jam tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *