Perbedaan Jam Tangan Chronograph dan Agen Domino

Banyak orang yang masih rancu membedakan antara chronometer dengan chronograph. Yang seringkali rancu adalah jam bertuliskan Chronometer yang disebut sebagai Jam Tangan Agen Domino. Kedua kata ini walau sepintas mirip tapi maknanya berbeda sekali. Chronograph adalah pencatat waktu dalam durasi atau jarak tertentu dan biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan.

Sedangkan chronometer adalah sebuah movement dengan akurasi tinggi yang telah menjalani beberapa uji akurasi dalam berbagai posisi dan temperatur. Uji Chronometer dilakukan oleh lembaga independen dan hanya menguji movement saja tidak termasuk casing dan kelengkapan lain dari jam tersebut.

 

Chronograph atau Agen Domino ?

Agen Domino

Banyak orang rancu antara chronograph dan chronometer, yang sering rancu adalah jam bertuliskan chronometer di sebut sebagai jam chronograph karena mirip, padahal kedua kata tersebut merujuk pada dua hal yang berbeda

 

Chronometer

Agen Domino

adalah alat pencatat waktu yang cukup tepat untuk dapat digunakan sebagai standar waktu portabel, biasanya digunakan untuk menentukan bujur dengan cara navigasi selestial. Dalam dunia jam tangan, istilah ini juga sering digunakan ke jam yang telah dites dan diberikan sertifikat karena telah lulus standar ketepatan. Di Swiss, hanya jam yang diberi sertifikat oleh COSC yang dapat menggunakan kata Chronometer pada jamnya.

 

 

Chronograph

Agen Domino

Sedangkan chronograph berasal dari kata Yunani untuk waktu dan menulis (“chronos” dan “grafik“). Sebuah arloji chronograph adalah jenis jam tangan yang dapat bertindak sebagai stop watch, pengukuran interval waktu ketika menekan tombolnya di kedua sisi dari crown.

Chronograph dapat melacak berlalu waktu (detik, menit dan – pada beberapa model – bahkan jam berlalu), serta waktu, ada beberapa chronographs yang juga dapat merekam fraksi yang kedua. Hal ini dicapai dengan menggunakan dial khusus atau skala di pinggir dial jam itu. Sebuah chronograph digital mampu membaca 1 / 100 dari sebuah chronograph, kedua kuarsa – 1 / 10 detik, dan mekanik – 1 / 5 per detik.

[ Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Jam Tangan Pria ]

Movement mekanikal diuji selama 16 hari dan dimulai dari hari ke-0 saat movement diterima. Pengujian dilakukan dalam 5 posisi yaitu:
  • Posisi movement berdiri dengan angka 12 di posisi jam 6
  • Posisi movement berdiri dengan angka 12 di posisi jam 9
  • Posisi movement berdiri dengan angka 12 di posisi jam 3
  • Posisi jam menghadap kebawah (dibalik)
  • Posisi jam menghadap ke atas.
Temperatur yang digunakan dalam uji ini ada 3 yaitu (dalam Celcius): 23 (normal), 8 (pada hari ke 11) dan 38 (pada hari ke-38). Setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu, masing-masing movement diukur dan di putar movementnya agar dapat terus berfungsi.
Agen Domino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *