Pelarangan Smartwatch Untuk Anak-anak di Jerman

Badan pengatur telekomunikasi Jerman pada Jumat (17/11) mengumumkan bahwa mereka melarang adanya penjualan Smartwatch yang dapat dikenakan orang tua guna mengawasi anak-anak mereka. Perangkat canggih tersebut diklaim melanggar undang-undang ketat Jerman mengenai spionase.

Badan Jaringan Federal menuturkan kalau pihaknya sudah mengambil langkah terhadap sejumlah perusahaan yang memproduksi Smartwatch tersebut secara meluas. Tapi sayangnya, mereka enggan menyebutkan nama-nama perusahaan yang dituju tersebut.

Smartwatch

Badan itu juga menghimbau agar para orang tua dapat membuang Smartwatch tersebut. Jam-jam tersebut dengan mudahnya dapat diperoleh di pasaran Jerman serta membuat anak-anak yang berusia di antara 5-12 tahun sebagai target penjualan.

“Dari suatu aplikasi, orang tua dapat memanfaatkan jam tangan tersebut dapat memantau lingkungan anak. (Jam tangan) yang diklaim sebagai alat yang diijinkan untuk itu,” Ungkap Jochen Homann, kepala Badan Jaringan Federal, di pernyataan resminya.

“Dan dari hasil penyelidikan kami, orang-orang tua sudah memanfaatkan Smartwatch tersebut guna menguping pembicaraan guru di ruang kelas,” Lanjut Homann.

[ Baca Juga: Tips Menemukan Jam Tangan Idaman Anda ]

Badan Jaringan Federal pun menetapkan bahwa usai Februari mereka akan secara resmi melarang penyebaran boneka yang dapat bicara dengan alasan kalau perangkat lunak di boneka dapat diretas dan karena itu dapat mengungkapkan data pribadi. Langkah-langkah yang bisa diambil badan tersebut menunjukan kalau peningkatan kekhawatiran terhadap risiko keamanan serta kehidupan pribadi mengenai lonjakan jumlah perangkat pintar daring.

Spionase adalah salah satu masalah paling besar di Jerman, negara tempat kepolisian rahasia Jerman Timur dan Gestapo era Nazi memantau para penduduknya dengan ketat. Badan Jaringan Federal menuturkan kalau perangkat jam yang dapat dicurigai termasuk kartu SIM serta yang menjanjikan fungsi telepon secara terbatas yang dapat dikendalikan melalui aplikasi, serupa dengan alat pengawas bayi.

Dengan merancang jam-jam tangan tersebut guna melakukan pemanggilan ke nomor telepon, perangkat tersebut dapat dipakai untuk mendengarkan percakapan secara rahasia. “Tindakan tersebut dengan keras dilarang oleh hukum yang ada di Jerman,” Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *