Mengenal Sejarah Jam Tangan

Siapa yang tidak mengenal Jam Tangan? Jam tangan atau Arloji merupakan alat penunjuk waktu yang gunakan pada pergelangan tangan. Mungkin hampir semua orang di dunia pasti mempunyai alat penunjuk waktu yang satu ini. Tak hanya dijadikan sebagai alat penunjuk waktu, kini jam tangan terus berkembang menjadi kebutuhan para penggemar fashion demi menyempurnakan outfit mereka sehari-hari.

Jam tangan pun memiliki begitu banyak variasi atau bentuk. Permainan warna serta terbuat dari apakah jam tangan tersebut, kini seolah menjadi target utama para desainer dari brand-brand jam tangan di dunia. Namun, apakah anda Mengenal Sejarah Jam Tangan? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Sejarah Jam Tangan

Jam tangan pertama kali ditunjukan sekitar abad ke-16. Ketika saat itu semua jam tangan serta alat penunjuk waktu lain memanfaatkan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jam tangan tertua yang dikabarkan yaitu jam tangan milik Ratu Inggris Elizabeth I yang khusus dirancang oleh Robert Dudley di tahun 1571. Dan dari abad 16 sampai awal abad 20, jam tangan hanya dipakai oleh wanita, sementara pria menggunakan jam saku.

 

Sejarah Jam Tangan

 

Dominasi jam tangan bermesin mekanik di sepanjang abad pada segala keindahan, kerumitan, serta kemewahannya, dan hingga akhirnya sedikit terganggu dengan hadirnya jam tangan bermesin elektrik yang pertama kali ditunjukan pada tahun 1957 di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh Hamilton Watch Company. Penelitian arloji elektrik ini pada dasarnya telah ada sejak tahun 1946.

 

Sejarah Jam Tangan

 

Kepopuleran jam tangan elektrik nyatanya tidak bertahan lama, sampai suatu ketika brand jam tangan asal Jepang, Seiko menampilkan jam tangan bermesin penggerak quartz (baterai) ke dunia untuk yang pertama kalinya, Seiko Astron 35SQ di tahun 1969. Kelahiran jam tangan quartz tersebut diakui oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) untuk masuk kedalam daftar tonggak sejarah perkembangan ilmu teknik elektro dunia.

 

Sejarah Jam Tangan

 

Jam tangan jenis tersebut juga yang selanjutnya benar-benar menghancurkan hegemoni industri jam tangan mekanik Swiss. Jam tangan quartz begitu merajai di pasar, dimanfaatkan oleh merk-merk lain, yang kini menjadi awal perubahan industri jam secara meluas. Jam tangan yang pada mulanya hanya diproduksi dalam jumlah yang begitu terbatas serta eksklusif, kini berganti menjadi produksi massal dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *