Hadirnya Kembali Diver Watch Vintage

Produksi jam tangan tentu masih jauh dari kata mati. Tidak terkecuali untuk jam tangan diver watch yang selalu terkenal dari tahun ke tahun. Dan malah akhir-akhir ini, mulai muncul suatu tren reissue/peluncuran ulang hampir di berbagai model jam tangan vintage dari berbagai brand jam tangan, baik itu perpaduan dari elemen-elemen diver watch yang telah ada maupun modernisasi dari model diver watch vintage. Hal ini semakin dipicu oleh pada ajang Baselworld 2017 yang merupakan pameran terbesar untuk produsen jam tangan seluruh dunia dengan menampilkan koleksi teranyar mereka.

 

Diver Watch Vintage

 

Misalnya saja, Omega baru saja di Baselworld 2017 merilis tiga model reissue dari tahun ’57 merupakan peringatan 60 tahun rilis bermodel Railmaster, Speedmaster, serta juga seri diver mereka yakni Seamaster. Tidak hanya itu, bila seiring dengan rilisnya film “Spectre” Omega juga merilis seri Seamaster 300 yang pada desain Seamaster vintage serta variasi limited edition dari film franchise dari James Bond tersebut.

Oris yang merupakan produsen jam tangan Swiss independen pun juga memiliki model vintage yang dirilis kembali, yaitu Oris Diver Sixty-Five. Pertama kali dirilis pada musim semi 2015, sesuai dengan namanya, model ini mengacu terhadap model diver watch Oris yang drilis tahun 1965. Jam tangan ini memiliki movement Sellita SW200 yang dipadukan oleh Oris,

 

Diver Watch Vintage

 

Dan secara penampilan bisa dibilang benar-benar mendekati tampilan jam tangan aslinya, dan malah Oris tetap mempertahankan water resistance dari jam tangan aslinya yang 100 m, menampilkan suatu kesungguhan penuh guna mendatangkan suatu jam tangan yang benar-benar mengacu terhadap model aslinya. Oris Diver Sixty-Five ini pun memiliki berbagai macam varian misalnya dengan dial biru, perak, dan juga versi khusus dengan case dari perunggu untuk memperingati Carl Brashear, seorang Master Diver keturunan African-American pertama sekaligus penyelam Navy Seals pertama yang dalam kondisi kakinya teramputasi.

[ Baca Juga: Melirik Sisi Feminim Jam Tangan Jasa Like Facebook ]

Tidak hanya itu, masih dengan basis 62MAS, Seiko juga mengeluarkan model yang dianggap reinterpretasi modern dengan kode SPB051 yang mempunyai dial hitam dan bracelet dan 053 yang mempunyai dial biru dan strap karet. Model-model ini mempunyai jarum yang lebih lebar, kristal safir dengan lapisan anti refleksi, serta teknik pemolesan Zaratsu.  Dan untuk SPB051 dan 053 bakal disematkan kaliber 6R15 dengan power reserve 50 jam. Kedua jam tangan tersebut sudah dirilis pada November 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *