Mengenal G-Shock MT-G, Jam Tertangguh di Dunia

Saat Casio merilis Jam Tangan bernama G-Shock MT-G S1000 di 2013, begitu banyak yang membuktikan ketangguhan jam tangan ini. Karena alih-alih memakai material plastik – atau sering dijuluki sebagai resin – dan sesuai dengan G-Shock kebanyakan, MT-G malah lebih didominasi dengan material logam. Padahal, kunci ketangguhan G-Shock selama ini merupakan berkat kemampuan resin untuk menahan benturan.

G-Shock MT-G

 

Kemewahan serta ketangguhan sepertinya bukan dua hal yang sejalan. Namun G-Shock berhasil menggabungkannya ke dalam MT-G. Dan yang jelas, tak hanya kini G-Shock misalnya sub-brand dari Casio mempunyai produk yang terbilang mewah, elegan serta dewasa, sehingga dapat dikenakan dalam acara-acara resmi, MT-G ternyata juga mempunyai penggemar setia yang tidak kalah fanatiknya dengan penggemar G-Shock selama ini. Dan dengan kata lain, G-Shock berhasil memperbesar “kue” yang selama ini ada, dari para penggemar petualangan alam.

Dan ternyata G-Shock MT-G pada dasarnya istimewa, baik seri S1000 Waveceptor (Radio synchronized), ataupun yang terbaru seri G1000 GPS Hybrid (GPS+radio synchronized). Ia pun seolah menjadi “jembatan gading” untuk para penggemar G-Shock yang mapan, yang selama ini kesulitan menaruh diri di acara-acara resmi sebab begitu bersikeras menggunakan koleksi G-Shock yang warna-warni serta terkesan kekanak-kanakan.

 

G-Shock MT-G

 

Huruf MT pada MT-G adalah singkatan dari Metal Twisted, yang dimana konsep tertinggi (bersama MR-G) dalam jam tangan menggunakan logam yang dibuat oleh G-Shock, yang menampilkan material logam stainless steel atau titanium. Dan dalam pertama kali pula teknik pemolesan Sallaz atau pemolesan pisau atau Zaratsu Polish, dipakai oleh Casio untuk G-Shock. Hasilnya yaitu logam yang mempunyaifinishing sangat mengilap serta mewah.

Dengan diameter hampir 55mm, serta ketebalan nyaris 17mm, bobot MT-G ternyata sangat enteng. Dengan hanya 198 gram. Hal tersebut karena case tengah MT-G yang terbuat dari resin solid. Semua tombol serta crown dilindungi oleh case dan juga crown guard, sehingga saat jam ini jatuh, tidak akan menyentuh tombol dan crown.

[ Baca Juga: Mengenal G-Shock sebagai Jam Tangan Modify-able ]

Kendati  mempunyai penampilan mewah dan formal, MT-G tetap mempunyai kekuatan yang serupa dengan tipe lainnya yang dibuat dari resin. Misalnya, jam ini tahan dari benturan atau goncangan. Hal tersebut dikarenakan dari konstruksi case yang diberi nama “Core Guard Structure”. Dan hal menjadi tujuan utama dari struktur ini yaitu dengan melindungi modul atau movement. Konstruksi itu memadukan pemakaian alpha gel sehingga menciptakan konsep Triple G Resist. Yakni pertahanan dari kekuatan sentrifugal, kekuatan benturan, atau bahkan gravitasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *